Pembinaan Karakter dan Malam Keakraban HKBP Banda Aceh Dalam Rangka Memeriahkan Tahun Oikumene Inklusif HKBP 2024

Sabtu, 22 Juni 2024
Praeses HKBP Distrik X Medan-Aceh (Pdt. Henri Napitupulu, M.Th) menjadi pembicara dalam acara Pembinaan Karakter dan Malam Keakraban HKBP Banda Aceh Dalam Rangka Memeriahkan Tahun Oikumene Inklusif HKBP 2024 di Gedung Sekolah Minggu HKBP Banda Aceh (Pdt. Supardi Silitonga, S.Th sebagai Pendeta Ressort) dengan Tema: Pemuda Kristen di Era Milenial dan Majemuk.
Dalam pemaparannya, Amang Praeses menjelaskan serta mengajak pada Pemuda/i Kristen yang berdomisili di Banda Aceh untuk mengenal diri terlebih dahulu, yaitu dengan menjelaskan garis generasi dari generasi X, generasi Y/Millenial, generasi Z serta generasi Alpha. Para Pemuda/i yang hadir sebagian besar termasuk generasi Y atau Millenial.
Amang Praeses menjelaskan bahwa generasi Y/Millenial merupakan generasi yang memiliki kepercayaan diri dan ambisi yang tinggi, terbuka dengan perubahan, akan tetapi terdapat kemampuan interpersonal yang terbatas karena bergantung kepada teknologi sehingga mereka mudah mengalami stress dan depresi berat. Dalam era digitalisasi, generasi Millenial mudah untuk bersatu dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat, sehingga membawa dirinya ke dalam budaya individualisme.
Pemuda Kristen ditengah generasi Millenial yang sulit untuk mengendalikan diri dalam menggunakan teknologi terutama sosial media. Pemuda/i harus hidup di dalam Kristus yang menggambarkan dan mencerminkan IMAGODEI (segambar dan serupa dengan Allah). Pemuda/i harus memiliki sifat Yesus di dalam dirinya, sehingga dapat menjadi “tuan dan nyonya” dari teknologi.
Dalam acara ini, dihadiri oleh Pemuda/i Kristen dari berbagai denominasi gereja-gereja yang ada di Banda Aceh, yaitu HKBP, GPIB, Orang Muda Katholik, GKI, Methodist, GPDI, GBI, WTC, Parousia, GKII, GKKI, GPPS, BNKP, Himapa dan juga beberapa Pemuda/i Kristen dari Papua.
Setelah acara ini selesai, dilakukan foto bersama, makan bersama serta malam keakraban antara Pemuda/i Kristen yang hadir.
Kiranya materi yang telah disampaikan oleh Amang Praeses dapat di mengerti serta dilakukan di dalam kehidupan Pemuda/i Kristen terkhusus di Banda Aceh.
Tuhan Memberkati
Kontributor: Pdt. Indra Hutauruk

Share this post

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram